Friday, March 4, 2016

Tingkatan Trader

Tingkatan Trader - Eka Santosa - Seperti halnya sekolah menjadi trader juga memiliki tingkatan. Tentu dari tinggkat rendah sampai tinggkat tinggi, tetapi tidak pernah ada ijazah resmi trader lulus dengan ijazah trader lulus. Walaupun begitu trader baru juga mengalami masa pengenalan orientasi dan adaptasi hingga memulai sebuah proses baru yaitu trading. Hasilnya lebih banyak yang memilih berhenti dibandingkan melanjutkan menjadi trader yang penuh tantangan dan lebih memicu adrenalin dibandingkan melakukan terjun payung ataupun, bugie jumping.

Menurut saya sendiri ada beberapa golongan trader. Setiap golongan memiliki sifat mereka masing masing dan memiliki karakter yang unik. karakter mereka sangat menentukan hasil dari aktifitas trading yang dijalani. Ada juga dari golongan tersebut tidak layak disebut dengan sebutan trader. Inilah menurut saya Tingkatan trader yang ada di muka bumi ini.

1. Newbee Trader


Setiap orang trader mengalami dan melalu fase trader newbee ini. Dimana mereka memiliki semangat berapi api bahwa mereka akan segera menaklukkan market dan membuat portofolio mereka naik dan menjadi gemuk dalam waktu singkat. Trader tingkat ini sama sekali belum merasakan pahit dan menakutkannya market saat sedang mengajari mereka. Optimisme seorang trader newbee mengalahkan tingkat optimisme apapun. Ada yang bertahan dan naik level namun lebih banyak yang tereleminasi di tingkat ini, seperti sebuah acara pemilihan bakat.

2. Junior Trader


Yang terjaring dan bertahan dari newbee trader ini mereka akan mendapatkan gelar Junior trader. Di fase ini mereka mulai membeli saham dengan menggunakan analisa dengan technikal yang sederhana tetapi tidak efektif mencetak profit dan membuat portofolio mereka tumbuh. Justru sebaliknya portofolio mereka semakin kurus dan terkoreksi oleh market. Kurang dari separo trader yang akan bertahan di fase ini dan merasakan tingkat berikutnya.

3. Senior Trader


Inilah yang bertahan merka akan menjadi senior trader. Banyak diantara senior trader ini memilik profesi sebagai broker dan manager investasi. Banyak yang mendapat gelaran senior trader karena gengsing dengan profesi mereka. Biasanya yang mendapat gelar senior trader karena profesi tidak akan berkembang, dan kebanyakan akan berhenti dengan sendirinya saat profesi mereka sebagai broker dan manager investasi pensiun. kebanyakan dari mereka menggunakan technikal analisys yang sangat rumit bahkan bisa membuat orang satu kampung sakit kepala jika melitnya. Hanya sedikit sekali dari senior trader ini melanjutkan ke tingkat berikutnya.

4. Profesional trader


Untuk fase yang satu ini boleh dikatan sudah merupakan seorang trader sukses. Profit yang bisa mereka hasilkan sangat konsisten dan tentu protofolio mereka tumbuh dan terus tumbuh. Untuk mencapai tingkatan ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jadi jika ada orang yang mengaku seorang pro trader dan profit konsisten tetapi baru tading beberapa bulan jangan percaya. Profesional trade ini biasanya menjalani hidupnya benar benar berprofesi sebagai trader. Mereka melakukan trading dengan menggunakan tehnikal yang sangat sederhana. Profesional trader pasti mengalami yang namanya bangkrut hingga portofolio ludes. Kebanyakan dari mereka naik dari profesional trader ke fase berikutnya.

5. Master trade


Untuk tingkatan ini adalah yang terakir mereka tidak lagi menggunakan technikal indikator saat trading. Trader tingkat ini trading denga menggunakan the power of money. Mereka sering disebut sebagai market maker. Tetapi market maker yang saya maksud ini buka sebuah institusi atau magemant investasi tetapi mereka perorangan yang benar benar bisa mengatur dimana mereka membuat sebuah harga beli dan mereka juga mengatur dimana mereka akan menjual. Biasanya tindakan seorang master trader hanya bisa dilihat seorang profesional trader dan pro trader akan menikuti untuk mendaptkan untung. Master trader adalah tingkat tertinggi dari para trader setelah Tuhan, itu menurut saya. Setiap orang bisa menjadi trader tetapi tidak untuk menjadi master tader.

Dimana tingkatan trader Anda saat ini?


No comments:

Post a Comment