Sunday, March 6, 2016

Informasi Pasar Modal Indonesia

Informasi Pasar Modal Indonesia - Eka Santosa - Pasar modal tidak semua orang mengenalnya. Khususnya di indonesia saya yakin sekali tidak ada 20% dari penduduk negri ini mengenalnya. Pelakunya pun hanya sedikit. Menurut data yang pernah saya baca dari sebuah ebook terbitan Investor daily pada tahun 2012 menyatakan dari bahwa daei seperempat milyard penduduk indonesia yang memiliki rekening efek adalah kurang dari satu juta orang dan hampir sebagian dari rekening tersebut sudah tidak pernah aktif lagi. Sebenarnya ini sebuah peluang besar untuk segera terjun ke pasar modal dan segera memilih saham saham dari perusahaan yang memiliki kwalitas dan masih dihargai rendah.

Saat ini pasar modal kita lebih didominasi oleh para pemain asing. Mereka sangat menentukan arah harga dari market kita saat ini. Hasil dari dalam negri dikeruk lewat pasar modal indonesia dan kita malah tidak mau tahu dan tidak peduli. Seandainya saja 20% saja penduduk negri ini mau masuk kepasar modal menjadi investor yang mau belajar dan sabar saya sangat yakin pertumbuhan ekonomi indonesia tidak akan kalah dari negara tetangga seperti singapura. Hasil dari perusahaan yang beroprasi di negri ini akan di nikamati oleh rakyat kecil. 

Banyak orang yang tidak faham sealalu menyalahkan pemerintah bahwa mereka salah mengambil tindakan dan pro asing. Menurut pandangan saya pandangan itu tidak sepenuhnya benar. Sebenarnya kita dan asing saling membutuhkan, asing punya modal untuk mengembangkan usaha sementara kita butuh mereka untuk mendapat pekerjaan dan sehingga bisa membangun modal sendiri dan menjadi mandiri. Pemerintah hanyalah merupakan sebuah fasilitator yang meciptakan tempat bertemu yaitu pasar modal. Menurut informasi pasar modal yang selama ini saya dalami tindakan pemerintah sebenarnya sudah cuku baik, meskipun banyak yang harus diperbaiki lagi. Salah satu contoh tindakan pemerintah untuk menjaga satabilitas pasar modal adalah mereka bertindak nyata pada tahun 2015 lalu dengan memberi auto rijection bawah sebesar 10%. Langka ini terbukti mampu meredam keluarnya modal asing dari pasar modal kita, sambil menunggu ekonomi membaik dan kembali pulih. Kenyataanya saat artikel ini saya tulis IHSG sudah kembali diatas 4800 dan modal asing kembali masuk.

Dari seluruh peristiwa yang terjadi diatas, sebuah keprihatinan muncul di pikiran saya. Jika pasar modal kita sangat ditentukan oleh asing hasil dinikmati asing kapankan kita sebagai tuan rumah masuk kepasar modal seperti warga singapura, malaysia, atau cina yang bisa menikmati hasil dari market dalam negri mereka. Boleh dikatakan dengan sedikitnya investor domestik negri ini, indonesia sudah bisa berkembang sepesat dan sebagus sekarang ini apalagi jika rakyat sadar dan mau ikut serta membangun pasar modal negri ini dengan menjadi investor domestic. Menjadi investor retail bukanlah sebuah masalah karena dari sana kita bisa membangun dan menikmati hasil kekayaan indonesi. Dengan memanfaatkan informasi pasar modal yang benar kita akan bisa memasuki dan menjadi pelaku pasar modal.

Menjadi Investor retail dipasar modal bukanlah hal yang buruk. Ibarat kita belajar menanam tentu tentunya tidak langsung menambur bibit dalam jumlah banyak secara sembarangan. Kita perlu belajar memilih bibit yang baik mulai meyemai memupuk dan bergai hal lain hingga bisa memanen hasil. Dari semangat rayat susah yang kita sedang jalani marilah kita mulai memperbaiki kehidupan dengan mengenal pasar modal dan menjadi pelaku yang ikut bermain bukan hanya menjadi penonton yang hanya bersorak dan mengatakan hal negatif memaki para pemain yang pada kenyataannya jauh lebih pintar dibandingkan penonton. Terimakasih sudah membaca Informasi pasar modal indonesia. (pasar modal)


No comments:

Post a Comment