Monday, March 7, 2016

Pengetahuan Dasar Menjadi Trader Saham

Pengetahuan Dasar Menjadi Trader Saham - Eka Santosa - Ingin measuki pasar modal tetapi tidak mengerti apa apa, itu sangat biasa. Pengalaman saya dulu pertama kali masuk pasar modal lebih menegangkan, sudah masuk pasar modal tidak tahu harus berbuat apa, tidak tahu haru belajar dari mana atau bertanya kesiapa, yang penting bisa buy sell saham. Alhasil rugi besar kena suspend kehilangan banyak uang. Tapi sudahlah itu masa lalu saya yang lucu, yang membuat saya terpingkal pingkal jika mengingatnya. Terpingkal pingkal karena menangis lo jangan salah.

Kali ini saya akan membagikan sedikit pengalaman. Saya berharap pengalaman ini dapat berguna, supaya Anda yang ingin memasuki pasar modal tidak mengalami apa yang pernah saya alami pada zaman dahulu kala. Memiliki pengetahuan dasar menjadi trder ini sangatlah penting untuk Anda yang ingin menekuni trading tapi belum tahu apa apa. Seperti layaknya ingin mengendarai mobil, jika tidak mengerti pengetahuan dasarnya tetapi langsung mengendarai saya berani memastikan Anda akan mengalami kecelakaan, jika sesekali tidak mengalami kecelakaan berarti Anda sedang beruntung saja. Pengetahuan ini sangat penting untuk keselamatan modal yang Anda miliki. 

Sesuai pengalaman yang saya alami saat membuka rekening dana investor melalui securitas, semua hal yang akan saya tulis disini tidak pernah dijelaskan. Entah karena saya masih terlalu bodoh dan polos waktu itu atau bagaimana padahal saya juga sudah bertanya. Tetapi itu sudah masalalu ya sudahlah yang terpenting sekarang saya akan membagi sedikit pengalaman saya tetang pengetahuan dasar menjadi trader saham.  

1. Mengetahi Cara Bertransaksi 


Ini mutlak untuk para trader baru harus bisa bagaimana cara bertransaksi. Jika Anda tidak mengetahuinya silahkan tanakan pada broker. Kebanyakan broker tidak akan menjelaskan saat kita tidak bertanya. Baik transaksi online trading maupun transaksi ofline trading. Karena keduanya sangat penting saa kita sedang bertrading.

2. Mengetahui Istilah Yang Ada Di Pasar Modal


Saat ingin melakukan trading beberapa istilah berikut ini wajib dimengerti supaya tidak terjeak dalam situasi yang merugikan. Istilah tersebut  diantaranya Suspend, Right issue, IPO, Stock Split, Reserve stock split, Unsual Market, Auto rijection, warranr, saham seri B, LQ45 dan lain lain. Untuk arti dari istilah istilah tersebut silahkan brosing sendiri atau tanyakan pada roker Anda.

3. Mengetahui Saham Saham Yang Sehat


Seperti apa saham yang sehat yang layak di transaksikan di pasar modal. Saya tidak bisa menjawab disini silahkan tanyakan pada broker Anda yang pasti jika Anda tidak mengetahui saham apa yang sehat ditransaksikan atau saham apa yang tidak sehat untuk di transaksikan saya menjamin Anda akan kehilngan banyak uang dalam waktu singkat. Lebih baik menghasilkan untung sedikit sambil belajar dari pada mengharapkan untung besar tetepi malah kehilangan modal dan menjadi stress.

4. Belajar Memilih Saham Murah


Seperti apa saham murah? Jika Anda memilih menjadi trader saham murah adalah saham yang jatuh dan harganya sudah mencapai bottom. Jika pilihan Anda sebagai investor saham murah adalah saham yang nilainya jauh diatas harga pasar silahkan baca value investor.

Itu tadi adalah hal yang perlu diketahu sebelum Anda melakukan trading. Ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi saya, jika ada perbedaan pendapat dari trader lain yang lebih master silahkan saja. terimakasih sudah membaca Pengetahuan dasar menjadi trader. (trader)

No comments:

Post a Comment